Wisata Alam Eksostis di Goa Terawang Blora

SHARE

Gua Terawang - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Goa Terawang Todanan merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan Kabupaten Blora, Jawa Tengah dengan luas sekitar 13 hektare. Wisata alam yang satu ini dikenal dengan wisata alamnya yang mempesona dan cocok untuk kamu yang ingin menikmati waktu dengan alam. Goa ini terbentuk di daerah endapan batu gamping Pegunungan Kapur Utara, dan berada di tengah-tengah hutan jati di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Blora. Di hutan ini juga ditinggali berbagai satwa lainnya seperti monyet dan berbagai jenis burung. Pengunjung dapat bebas berinteraksi dengan satwa yang ada tanpa ada larangan dari pengelola.

Buat kamu yang memiliki hobi fotografi wisata alam yang satu ini wajib masuk ke list destinasi kunjungan. Hal ini karena keindahan yang ditawarkan Goa Terawang ditambah dengan siluet cahaya yang masuk dari langit-langit goa, akan membawakan sensasi eksotis dan keindahan tersendiri. Tak hanya keindahan di dalam Goa, kamu juga bisa mengabadikan keindahan alam yang ada di luar Goa, dengan merekam lukisan alam keindahan hutan jati dan satwa yang ada disekitarnya. Hal ini tentu akan menjadi objek foto yang menarik untuk diabadikan. Pengunjung  juga bisa menggunakan fasilitas rumah pohon yang telah disediakan pengelola untuk berswafoto. 

Selain dari keindahan alam yang ada, Goa Terawang juga terkenal karena asal usul dan sejarahnya. Goa Terawang ini sudah dikenal sejak zaman raja-raja Jawa sebagai tempat bertapa guna memperoleh kekuatan mistis/wangsit. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, goa ini banyak menyimpan sejarah karena sering digunakan untuk pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan pejabat-pejabat Belada. Konon, tiap akhir pertemuan selalu diadakan pesta dansa bagi pejabat yang hadir. Namun pada masa perang kemerdekaan, Goa Terawang ini menjadi daerah pertahanan bagi para pejuang untuk melawan pemerintahan kolonialisme. 

Setiap tahunnya Goa Terawang akan mengadakan festival tahunan yang bernama Syawalan Goa Terawang, acara ini bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar. Buat kamu yang berminat berkunjung akses menuju Goa Terawang tidaklah sulit. Jika dari arah Blora menuju ke barat, sesampai di pasar Ngawen bisa mengambil jalur belok kanan menuju Todanan ±10-12 km. Harga tiket masuknya sendiri relatif murah, hanya Rp15.000,-/orang, dengan fasilitas berupa lokasi yang luas, pemandangan alam yang indah, dan masih banyak lagi menjadikan wisata alam ini sangat cocok menjadi destinasi wisata dan piknik bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

 

https://indonesiatraveler.id/goa-terawang-blora-fantasi-nan-eksotis/

https://www.blorakab.go.id/index.php/public/pariwisata/detail/19/goa-terawang