WADUK CENGKLIK

SHARE

Waduk Cengklik termasuk salah satu waduk peninggalan Belanda yang sudah berusia lebih dari 90 tahun. Belanda memerlukan waktu sekitar 2 tahun untuk menyelesaikan proses pembangunan waduk ini dimulai dari tahun 1926 hingga 1928.

Objek wisata ini memiliki luas lahan mencapai 250 hektar dan berada di dua wilayah desa yakni Desa Sobokerto dan Desa Ngargorejo. Air pada bendungan ini dimanfaatkan warga untuk mengairi perkebunan dan juga sebagai tempat tambak ikan dalam keramba

Pada awalnya kapasitas waduk ini sekitar 17 juta meter kubik namun kapasitasnya terus menurun hingga menjadi 9 juta meter kubik. Hal ini juga berdampak pada pertanian di tiga kecamatan yakni Sambi, Nogosari, dan Ngemplak yang sudah tidak bisa dialiri air.

Meski begitu Waduk ini tetap bisa eksis dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya. Pemandangan pulau-pulau kecil di tengah danau, gunung-gunung yang terlihat menjulang tinggi, menjadi salah satu daya tarik dari Waduk Cengklik.

Bahkan tidak jauh dari Waduk ini dibanguna taman bermain Waduk Cengklik Park diatas lahan seluas 1.2 hektar. Di taman ini Anda bisa berfoto dengan properti unik seperti di luar negeri yang terlihat sangat apik.

Harga Tiket Masuk Waduk Cengklik

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Waduk Rp   2.000,00
Tiket Masuk Waduk Cengklik Park Rp 30.000,00
Sewa Kostum Jepang Rp 25.000,00
Parkir Kendaraan Rp   2.000,00

Lokasi

Waduk Cengklik berada di Ngargorejo, Ngemplak, Kabupaten Boyolali dan sangat dekat dengan bandara. Jaraknya sekitar 2.5 km dari Bandara dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit dengan menggunakan mobil.

Jam Operasional Waduk Cengklik

Waduk ini bisa di kunjungi setiap hari tanpa batasan waktu tertentu karena terbuka untuk umum selama 24 jam. Tapi jika mengunjungi Waduk Cengklik Waterpark bisa datang mulai pukul 08.00 WIb hingga 16.00 WIB. Usahakan untuk datang saat musim kemarau agar liburan Anda terhindar dari awan mendung dan hujan.

Aktivitas Seru di Waduk Cengklik