SERABI NOTOSUMAN, KUE WARISAN LELUHUR

SHARE

Kuliner Solo yang sangat ternama, yaitu Serabi Notosuman. Sekilas mungkin makanan satu ini terdengar biasa saja, karena di beberapa daerah lain juga ada. Namun kuliner khas Solo satu ini begitu diminati oleh banyak orang dan sudah memiliki beberapa cabang.

Serabi Notosuman memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan tersebut ada pada namanya. Nama Serabi Notosuman menurut ceritanya diambil dari sebuah nama jalan, yaitu Jalan Notosuman yang sekarang sudah berganti menjadi Jalan. Moh. Yamin. Meski tempat itu sudah berubah nama, namun tidak merubah daya tarik Serabi Notosuman yang sudah melegenda sejak puluhan tahun silam.

Di tempat asalnya, yaitu Solo, Serabi Notosuman ternyata memiliki dua tempat yang berbeda, Serabi Notosuman Ny. Lidia dan dan Serabi Notosuman Ny. Handayani.

Keduanya menggunakan resep yang sama, namun diolah dan dikemas dengan cara yang berbeda. Setelah ditelusuri, dari kedua pengolah serabi itu, Serabi Notosuman Solo Ny. Lidia yang memiliki banyak penggemar.

Serabi Notosuman memiliki perbedaan dengan makanan sejenis dari daerah lain di Indonesia. Jika biasanya Serabi disajikan dengan kuah yang manis dan gurih serta terbuat dari santan, Serabi satu ini justru tidak disajikan dengan kuah, bahan dasarnya sudah cukup memberikan cita rasa yang menggugah selera saat mencicipinya. Bahan dasar makanan ini adalah tepung beras, gula pasir, santan, pandan, dan air.

Kelezatan Serabi Notosuman dapat dinikmati dengan memakannya secara langsung tanpa kuah, sebab, serabi satu ini memiliki varian rasa yang enak.

Setidaknya ada dua pilihan rasa yang bisa kita pilih, yaitu rasa original dan rasa cokelat. Serabi dengn cita rasa original lebih mengedepankan rasa gurih dari santan yang menjadi salah satu bahan baku utama pembuatannya, sementara untuk rasa cokelat didapat dengan tambahan meses rasa cokelat.

Proses pembuatan Serabi Notosuman terbilang cepat dan di beberapa tempat, pengunjung diperbolehkan untuk melihat proses pembuatannya secara langsung.

Mirip dengan membuat martabak manis, Serabi Notosuman dimasak menggunakan wajan dan hanya butuh waktu kurang lebih 3 menit hingga siap untuk dihidangkan. Itulah yang membuat kuliner khas Solo satu ini selalu fresh dan menarik untuk dicicipi.

Serabi Notosuman Solo terbilang cukup murah dan variatif. Tergantung jumlah dan varian rasa yang dipesan.

Daftar Menu & Harga Serabi Notosuman

Rasa & Isi Serabi Notosuman

Harga Serabi Notosuman

Serabi Notosuman Coklat 1 Paket isi 10

Rp 23.000

Serabi Notosuman Biasa 1 Paket isi 10

Rp   25.000

Serabi Notosuman Campur 1 Paket isi 10

Rp 24.000

 

https://www.harga.top/harga-serabi-notosuman/