Bumbu Dapur Yang bermanfaat untuk kesehatan “ KETUMBAR ”

Bumbu Dapur Yang bermanfaat untuk kesehatan “ KETUMBAR ”

Penulis : Irawan Adi P., A.Md

 

Ketumbar adalah salah satu bumbu masakan yang mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif murah. Selain sebagai bahan masakan, banyak pula yang menggunakan ketumbar sebagai ramuan obat tradisional. Bumbu masakan itu ampuh mengatasi bebagai keluhan seperti mual, masuk angin, dan diare.

Ketumbar mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, lemak baik, protein, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Berbagai kandungan tersebut tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketumbar juga mengandung antioksidan cukup tinggi guna menangkal bakteri atau virus berbahaya, serta mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

 

IRAWAN

 

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

  1. Mencerahkan Wajah

Ketumbar bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Caranya, Anda bisa menggunakan masker ketumbar dengan menumbuk ketumbar dan dicampur sedikit air. Setelah menjadi pasta, oleskan masker ketumbar pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Apabila sudah kering, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Mengatasi Jerawat, Mengecilkan Pori-Pori, dan Atasi Minyak Berlebih

Selain mencerahkan wajah, ketumbar mampu mengusir jerawat membandel karena adanya kandungan vitamin dan antioksidan. Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu meraciknya sebagai masker ketumbar.

Ketumbar juga mampu mengecilkan pori-pori, sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat dan mengatasi wajah berminyak.

  1. Menyehatkan Rambut

Ketumbar banyak digunakan sebagai campuran beberapa produk kesehatan rambut. Namun, Anda bisa menyehatkan rambut dengan cairan ketumbar alami.

Caranya, tumbuk ketumbar dan dicampur air secukupnya. Peras dan saring airnya untuk dijadikan shampo, kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Mengatasi Diare

Ketumbar mengandung minyak atsiri seperti borneol dan linalool. Kandungan tersebut dapat membantu pencernaan meningkatkan fungsi hati, dan mengatasi diare. Manfaat dari ketumbar ini ditemukan oleh sebuah penelitian dari Ethnobotanical Leafleats, yang menyatakan antibakteri ketumbar bermanfaat untuk menyembuhkan diare akibat mikroba dan jamur.

  1. Mengatasi Mual

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketumbar berfungsi mengatasi mual, muntah, serta gangguan pada lambung, karena mengandung senyawa bioaktif dalam ketumbar.

  1. Menyembuhkan Alergi

Ketumbar memiliki senyawa bersifat anti-histamin yang mampu mengurangi efek alergi. Anda bisa mengoleskan masker ketumbar atau minyak ketumbar pada kulit yang alergi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ketumbar kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Kandungan nutrisi tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi maula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata.

Selain itu Ketumbar atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Coriandrum sativum dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang rupanya mampu menurunkan kadar kolesterol bila dicampurkan ke dalam makanan tertentu.

Tidak hanya itu, air rebusan ketumbar nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal itu diungkapkan oleh dr. Arina Heidyana, berikut penjelasannya  : irawan:

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Menurut dr. Arina, kandungan antioksidan dalam ketumbar tidak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol, tapi juga bisa melancarkan sistem pencernaan.Kandungan antioksidan ini nantinya akan bekerja dengan memproduksi enzim untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar, Anda bisa terhindar dari infeksi usus besar.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

“Ketumbar juga mengandung serat yang cukup tinggi yang akhirnya bisa menurunkan kadar gula darah. Nantinya, ini akan menyeimbangkan kadar gula pada penderita diabetes. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum meminum air rebusan ketumbar,” kata dr. Arina.

  1. Mengatasi Infeksi Bakteri

Air ketumbar juga dipercaya mengandung antibakteri yang bisa membantu meredakan penyakit akibat bakteri jahat. Gangguan ini termasuk infeksi kulit maupun penyakit perut yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, konjungtivitis juga bisa diobati dengan meminum air rebusan ketumbar.

  1. Meredakan Batuk dan Pilek

Siapa sangka, ketumbar juga punya kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dalam air rebusan ketumbar mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Jadi, meminum air ketumbar secara rutin bisa mencegah virus penyebab penyakit dalam tubuh.

  1. Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar memiliki sifat analgesik dan kandungan asam linoleate-nya bisa merelakskan otot dan tulang yang tegang. Tapi, dr. Arina menyarankan agar tetap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air ketumbar.

Sumber :

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
19589
24210
60546
175264
283322
129090
9620125

Perkiraan Hari Ini
14280


IP Anda:3.238.88.35
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id