RUMAH KREASI KELUARGA MILENIAL

RUMAH KREASI KELUARGA MILENIAL

Penulis   : DAHLIA MAHKOTA RS, S.Sos

dahlia1

Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mempunyai tugas melayani masyarakat umum atau semua anggota lapisan masyarakat di Jawa Tengah yang memerlukan jasa perpustakaan dan informasi. Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah merupakan perpustakaan umum yang mempunyai manfaat  1) Terbuka untuk umum 2) Dibiayai oleh dana pemerintah, dan 3) Jasa yang diberikan pada hakekatnya bersifat cuma-cuma. Sesuai dengan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka.

Setiap perpustakaan diselenggarakan dengan maksud dan tujuan tertentu, oleh karena itu Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyimpanan

Perpustakaan bertugas menyimpan koleksi (informasi) yang diterima dari setiap penerbit. Mewajibkan setiap penerbit, baik cetak maupun terekam menyerahkan 2(dua) buah cetakan/atau rekaman kepada Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Provinsi yang masing-masing 1 (satu) buah baik dalam bentuk tercetak/rekaman.

  1. Pendidikan

Perpustakaan merupakan tempat belajar seumur hidup sesuai dengan pembukaan UUD 1945. Perpustakaan merupakan sarana pendidikan yang berkesinambungan seumur hidup

  1. Penelitian

Perpustakaan berfungsi menyediakan berbagai macam koleksi dan informasi untuk keperluan penelitian yang dilakukan oleh pemustaka.

  1. Informasi

Perpustakaan menyediakan informasi melalui bahan referensi atau rujukan yang dipandang sebagai sumber informasi

  1. Rekreasi

Perpustakaan dijadikan tempat yang menarik dan menghibur para pemustaka untuk kegiatan penyegaran kembali baik jasmani maupun rohani dan berhasil menggali semua informasi yang ada di perpustakaan sehingga bias merasakan nyaman, senang, terhibur, segar dan mempunyai kesenangan dan kenangan berkunjung keperpustakaan.

Pergeseran paaradigma instansi pemerintah diberbagai bidang kehidupan manusia menjadi suatu tantangan bagi administrasi publik yang mempengaruhi peningkatan kebutuhan pelayanan masyarakat efisien dan responsive. Pelayanan perpustakaan dalam masyarakat diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Rumah rekreasi bagi keluarga milenial yang tepat adalah Rumah Belajar Modern di perpustakaan. Arti keluarga milenial menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah keluarga yang pemimpin keluarganya baik ibu dan ayah adalah orang yang lahir antara tahun 1981 hingga 1994 dalam sistem pemikiran, jelas generasi Y atau milenial berbeda Baby Boomers dan generasi X. Generasi Y ditawarkan sebuah fasilitas yang membuat semua informasi menjadi lebih cepat tanpa mengenal batas waktu, untuk pola pikir dan karakter dapat dikatakan lebih visioner dan inovatif dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Serta cenderung terbuka dalam menyikapi bentuk kritik untuk kemajuan.

Salah ciri – ciri keluarga milenial dalam mendidik anak :

1.Menentang norma social tradisional

2.Kuat dalam penggunakan media soal

3.Reflektif

4.Menumbuhkan identitas diri anak

5.Gaya parenting khas generasi milenial ada 5 (lima) macam yaitu :

5.1 Gaya parenting yang menentang norma-norma social tradisional 

Para orang tua milenial cenderung berpikir terbuka, memiliki perspektif yang tidak konvensional dalam membentuk keluarga modern, mengutamakan kerja tim, mengesampingkan pembagian tugas tradisional yang berdasarkan gender, memiliki kesadaran tinggi untuk membangun identitas dan netralitas gender anak-anak.

5.2 Bermanuverdalam media sosial

Generasi milenial dikenal sebagai penggemar teknologi, teknologi baru untuk kemajuan gaya parenting guna berbagi pengalaman lewat media social agar paham akan dampak negative penyebaran informasi lewat media sosial. Kecenderungan kelompok ini melakukan sosial sharing secara positif terkait dengan hidup anak-anak mereka.

5.3 Menolak kebenaran tunggal

Orang tua milenial untuk membesarkan anak, perlu ketersediaan buku-buku dan internet memberikan kekayaan sumber daya, ide-ide pengasuhan yang berbeda, dan persektif budaya yang beragam. Dari situ mereka dapat mempertimbangkan segala macam informasi dan opini untuk menciptakan gaya parenting yang lebih individual, sesuai kebutuhan hidup keluarga.

5.4 Lebih reflektif

Orang tua milenia lmengutamakan pendekatan rileks, responsive terhadap anak, menghargai waktu bermain yang tidak terstruktur, memberikan anak ruang yang mereka butuhkan untuk belajar, tumbuh secara mandiri, menerapkan relas ikeluarga yang lebih demokratis, mereka mempertanyakan diri mereka sendiri, meminta masukan anak-anak sebelum mengambil keputusan, menekankan focus baru pada empati untuk membantu anak berinteraksi dan memahami dunia mereka dengan baik.

5.5 Membantu menumbuhkan identitas diri anak yang kuat

Orang tua milenial menumbuhkan anak dengan rasa identitas diri yang lebih besar, terbentuk dari heterogenitas dan keterbukaan pikiran dengan cara terbaik membuat anak bahagia.

Sesuai kebutuhan keluarga milenial diatas maka perpustakaan melakukan inovasi dan kreativitas baru guna pengembangan kedepan yang dibutuhkan keluarga milenial yaitu menjadikan perpustakaan sebagai motivasi Rumah Rekreasi Bersama Keluarga Milenial. Oleh sebab itu perpustakaan membenahi diri agar dapat digunakan dan difungsikan secara maksimal bagi Keluarga Milenial secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Salah satu fungsi perpustakaan adalah Fungsi Rekreasi merupakan tempat yang menarik dan menghiburpara pemustaka untuk kegiatan penyegaran kembali baik jasmani maupun rohani seseorang dari kejenuhan. Perpustakaan mempunyai berbagai macam bentuk layanan salah satunya adalah layanan anak. Layanan Anak merupakan layanan perpustakaan yang digunakan secara khusus untuk anak-anak dan bentuk kegiatan didalamnya ada Layanan Rumah Belajar Modern. Layanan Rumah Belajar Modern menyediakan koleksi buku, Audio Visual,  permainan tradisional, Komputer mainan pendidikan (game pendidikan) dan kursus.

Macam-macam kegiatan Layanan Rumah Belajar Modern yang ada di perpustakaanadalah :

  1. Kursus Bimbingan Belajar / Bimbel
  2. Kursus menari
  3. Kursus mewarnai
  4. Kursus Bahasa Inggris
  5. Kursus Keterampilan

Setiap kursus bias diikuti secara daring (on line), karena masih masa pandemic covid 19 . Cara pendaftaran kursus secara daring melalui link https://form.gle/IK1ZpETsxcujMji8A, kegiatan kursus mulai hari Jumat sampai dengan hari Minggu dan tidak dipungut biaya atau gratis. Kursus Bimbingan Belajar, kursus menari, kursus mewarnai peserta dari Tingkat Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar (SD). Kursus Bahasa Inggris diikuti oleh Sekolah Dasar. Peserta kursus keterampilan untuk remaja putri dan orang dewasa. Perpustakaan dalam era digital sekarang ini memberikan fasilitas menggunakan Wifi gratis yang telah disediakan untuk pemustaka secara umum dan Keluarga Milenial secara khusus. Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi keluarga milenial bahwa Layanan Rumah Belajar Modern merupakan salah satu bentuk Rumah Rekreasi bagi Keluarga Mileal dengan segala sarana dan prasarana yang telah disediakan sesuai kebutuhan dan keinginan Keluarga Milenial.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Brosur Layanan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Semarang : Badan Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, 2018.
  1. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga, 2007.
  1. Indonesia.Undang-Undang, Peraturan dsb. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor4 Tahun 1990, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 1991, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Semarang : Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, 2011.
  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2012
  1. Media Pustaka Vol. 19, No. 4 Tahun 2012. Jakarta :PerpustakaanNasional RI, 2012.
  1. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas. Semarang : Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, 2009.
  1. Seri Panduan Rumah Belajar : apa kegiatannya ? (Jilid 1). Jakarta : Cola-Cola Foundation Indonesia, 2006.
  1. Seri Panduan Rumah Belajar : Bagaimana mengelolanya ? (Jilid 2. Jakarta : Coca-Cola Foundation Indonesia, 2006.
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Milenial.
  1. https://ajaib.co.id/pengertian-keluarga-milenial-dan-tipe-dalam-mengasuh-anak
  1. https://id.theasianparent.com/5-gaya-parenting-khas-generasi-millennial

 

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
19564
24210
60521
175264
283297
129090
9620100

Perkiraan Hari Ini
14256


IP Anda:3.238.88.35
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id