AYO! MENCUCI TANGAN “TEPUNG SELACI PUPUT”

AYO! MENCUCI TANGAN “TEPUNG SELACI PUPUT”

Oleh : Rr. Meliana Putri 

 

meli1

Dalam menumbuhkan kesadaran mencuci tangan yang benar, Anda dan juga tenaga kesehatan di Indonesia wajib mengetahui apa itu 'TEPUNG SELACI PUPUT'. Ini adalah singkatan dari Enam langkah mencuci tangan.

Mengingat di masa pandemi saat ini mencuci tangan dengan benar adalah salahsatu kewajiban, karena menurut Ketua Ikatan Rumah Sakit Jakarta Metropolitan (IRSJM) dr Sri Rachmani, Mencuci tangan seringkali disepelekan. Dan tangan merupakan awal dari tempat berkumpulnya kuman, bakteri dan virus yang akan masuk kedalam tubuh manusia, dengan aktivitas yang bersetuhan dengan benda-benda atau memegang suatu benda. Untuk itu diharapkan dengan adanya singkatan dari gerakan dan langkah Mencuci tangan ini, masyarakat dapat lebih mudah dalam mengingat langkah Mencuci tangan dengan benar . karena dengan mencuci tangan dengan benar adalah langkah awal yang dapat melindungi diri sendiri dari bakteri dan virus.

Cuci tangan secara rutin merupakan salah satu upaya yang sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan (hand hygiene) dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi, Menurut WHO, cuci tangan atau hand wash adalah prosedur membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dan air yamg mengalir, sedangkan hand rub adalah membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang berbasis alcohol .

Untuk itu, Sri mengatakan kita semua wajib tahu cara mencuci tangan yang benar, atau suka disingkat “TEPUNG SELACI PUPUT” yaitu:

 

  1. meli2Telapak tangan         : gosok kedua telapak tangan
  2. Punggung tangan     : gosok punggung dan sela-sela jari sisi luar tangan kiri dan sebaliknya.
  3. Sela-sela jari             : gosok telapak tangan dan sela-sela jari sisi dalam
  4.  Kunci                       : jari jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci
  5. Putar                         : gosok ibu jari tangan kiri dan berputar dalam genggaman tangan kanan  Dan sebaliknya.
  6. Putar                         : rapatkan ujungjari tangan kanan dan gosokkan pada telapak tangan kiri dengan cara memutar mutar terbalik arah jarum jam,

                                               lakukan pada ujung jari tangan sebaliknya.

"Setelah itu keringkan kedua tangan dan tutup kran dengan sikut atau bekas kertas tissue yang masih ditangan” . Lakukan semua prosedur di atas setidaknya selama 20 detik.

 

 

Sumber :

  • Liputan6.com
  • Alomedika.com

Gambar diambil dari : Pinterest

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
19219
24210
60176
175264
282952
129090
9619755

Perkiraan Hari Ini
14592


IP Anda:3.238.88.35
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id