KAMPUNG PHOTOGRAPHY "Wisata Edukasi, Wisata Sambil Belajar Fotografi"

kampungfotografi

Sumber : Instagram Kampung Photography

Kampung Photography adalah sebuah kampung tematik yang menonjolkan seni fotografi, terletak di Jalan Abimanyu V RT. 03, RW. 02 Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah. Ketua RT. 03 RW. 02, Wagiman mengatakan, ada ide membuat Kampung Photography pada pertengahan 2018. Dari Pemkot menawarkan kepada Kelurahan Pendrikan Lor untuk membuat Kampung Tematik. Kemudian dari kelurahan sudah mengajukan dan mendapatkan bantuan dari Pemkot berupa bantuan sarana prasarana dalam bentuk bangunan fisik paving, lampu, pot hias dan spot foto berbentuk Kamera Nikon terletak di depan gapura Kampung Photography. Dikarenakan warga Kampung Photography sebagian besar bekerja sebagai fotografi, maka sejak saat itulah kampung tersebut diberi nama Kampung Photography, dimana yang puluhan tahun silam dikenal sebagai kawasan suram, kini telah berubah menjadi objek wisata lokal.

Sesuai namanya, warga kampung itu pun kemudian memperindah pemukiman mereka dengan beragam cara. Di ujung jalan masuk, terdapat replika kamera besar sebagai penanda wilayah. Adapun di dalam perkampungan, dinding-dinding rumah warga dilukis berbagai gambar yang unik, sehingga dapat menjadi spot foto bagi para pengunjung. Selain itu, terdapat jembatan di atas sungai, pergola di sepanjang jalan Kampung Photography yang disertai lampu kelap-kelip yang semakin menambah indahnya kampung ini. “Dulu masih menggunakan Kamera Nikon waktu masih memakai film. Sekarang sudah jarang digunakan, karena susah untuk mencari tempat mencetak foto. Laboratorium film juga sudah tidak ada. Sekarang kamera menggunakan digital dan MMC untuk menyesuaikan zaman,” imbuh sesepuh Kampung Photography, Siswanto. Walaupun kampung tersebut belum diresmikan Wali Kota Semarang, namun warga tetap berupaya untuk mengabadikan Kampung Photography sebagai kampong tematik.

Selain itu, rencana Kampung Photography akan di desain, saluran air atau got pada tiap- tiap rumah warga akan ditutup dibuat semacam trotoar, kemudian disediakan kursi, tanaman hias, pigura spot foto dan rencana setiap rumah akan diadakan Home Stay untuk pelatihan photography. Dengan begitu Kampung Photography akan lebih terkenal dan tersebar ke media sosial menjadi kampung yang bersih, indah, nyaman dan dapat menambah pemasukan warga. “Kami berharap kepada Pemkot terutama Dinas Pariwisata agar segera melengkapi sarana dan prasaran yang belum terpenuhi setelah terbentuk Pokdarwis,” ujar Wagiman.

 

Penyusun : Anggraini,S.Sos

Sumber :

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/171622/kawasan-suram-yang-bertransformasi-jadi-kampung-photograpy/

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
19057
24210
60014
175264
282790
129090
9619593

Perkiraan Hari Ini
13944


IP Anda:3.238.88.35
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id