Budidaya Lidah Buaya banyak manfaatnya.

Budidaya Lidah Buaya banyak manfaatnya.

By. Umaryati

 

    Lidah Buaya adalah tanaman yang banyak manfaatnya baik untuk obat maupun bahan pembuatan kosmetik. Dalam masa pandemi akibat virus corona yang belum juga mereda di Indonesia kita perlu menjaga kesehatan tubuh guna mencegah untuk terinfeksi virus ini. Tidak hanya dengan rajin berolahraga, kita juga dapat memanfaatkan tanaman herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya lidah buaya.

   Lidah buaya, tanaman berduri dengan nama latin Aloe vera yang selama ini hanya dikenal sebagai sampo untuk perawatan rambut, ternyata memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Lidah buaya mengandung glukomanan , asam-asam amino esensial dan non-esensial, enzim oksidase, katalase, lipase, dan protease. Enzim protease membantu memecahkan jaringan kulit yang sakit karena rusak dan membantu memecah bakteri, sehingga gel lidah buaya bersifat antibiotik, sekaligus meredam rasa sakit. Sementara asam amino berfungsi menyusun protein pengganti sel yang rusak.

   Sering mencuci tangan saat pandemi itu sangat penting, karena merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran maupun tertular virus corona. Namun, sering mencuci tangan, kulit akan kehilangan minyak alami dan air yang terkandung di dalam kulit. Lidah buaya dipercaya dapat melembabkan serta menjaga kesehatan kulit. Disamping itu, lidah buaya juga dapat memperlambat penuaan dini, meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menyembuhkan dan menguatkan fungsi-fungsi tubuh, mengeluarkan bahan kimia beracun, serta sebagai bahan pengawet, perwarna sampai pengharum ruangan. Manfaat lain dari gel lidah buaya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan keletihan, menghilangkan stres, membantu menstabilkan kadar kolesterol darah. Selain sebagai tanaman hias, ternyata lidah buaya kaya akan manfaat, ya. Karenanya, tidak berlebihan jika lidah buaya dijuluki The Miracle Plant atau tanaman ajaib.

   Di Indonesia lidah buaya banyak dibudidayakan di Kalimantan Barat, karena secara umum di daerah ini memiliki tanah bergambut yang sangat cocok untuk pertumbuhan lidah buaya. Saat ini, kita tidak perlu repot untuk mendapatkan lidah buaya ini, karena sudah banyak tersedia produk makanan dan minuman dari kosmetik, produk tersebut dapat kita beli di toko-toko atau supermarket dengan harga terjangkau untuk penduduk Indonesia. Sehingga masyarakat Indonesia akan semakin sehat dan sejahtera hidupnya dengan membuat produknya dan memanfaatkan hasil olahannya.

 

                            ==========  SELAMAT MENCOBA  =========

                                                                                                        

 

 

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
4414
2681
21933
22134
85421
136995
9202810

Perkiraan Hari Ini
2952


IP Anda:18.210.12.229
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id