MENEKUNI HOBBY DENGAN BAHAGIA AKAN MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

ARTIKEL

Dengan Bahagia Akan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Oleh: DIAH PUSPITOSARI, SEss

 

     Seperti kita ketahui bersama dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini, setiap waktu setiap saat kita dengan sadar diri menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan berusaha melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan semaksimal mungkin. Sebagai upaya mencegah atau memutus mata rantai penularan covid -19, salah satunya adalah dengan menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diterapkan dalam keluarga dan khususnya untuk diri sendiri. Dengan diterapkannya pola hidup bersih dan sehat diharapkan imunitas tubuh kita akan meningkat. Dilansir dari Wikipedia definisi imunitas yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Sementara itu, respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Agar dapat berfungsi dengan baik, sistem ini akan mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksibakterivirus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel dan jaringan organisme yang sehat agar tetap berfungsi secara normal. Dengan selalu memperhatikan dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat diharapkan kita akan selalu dalam keadaan sehat, sehingga kita dapat menjalani kehidupan ini dengan penuh makna bersama keluarga dan dengan lingkungan di sekitar kita.

     Saat ini kesehatan menjadi impian setiap orang, karena dengan sehat kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang kita sukai. Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dan tidak ternilai, oleh sebab itu untuk tetap sehat orang dengan sukarela  melakukan apa saja dan dengan segala cara yang dianggapnya bisa menjadikan mereka tetap sehat, maka munculah istilah Sehat Itu Mahal adalah benar adanya. Definisi sehat menurut WHO adalah kesejahteraan fisik, mental, dan sosial, dan bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan, sedangkan beberapa ilmuwan mengajukan definisi kesehatan yang lain, misalnya kondisi yang ditandai dengan integritas anatomi, kemampuan untuk melakukan peran dalam keluarga, pekerjaan, dan masyarakat, yang dihargai secara pribadi, kemampuan untuk menghadapi tekanan fisik, biologis, dan social, perasaan sejahtera dan kebebasan dari risiko penyakit dan kematian sebelum waktunya.

     Dengan diterapkannya kembali keadaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dikarenakan jumlah kasus Covid-19 yang masih cukup banyak. Maka mengacu pada Instruksi Mendagri No 1 Tahun 2021, tentang pemberlakuan pembatasan salah satunya adalah dengan membatasi tempat/kerja perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75 persen, dan Work From Office (WFO) sebesar 25 persen, dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat. Kondisi situasional ini mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan inovatif, salah satunya adalah dengan menekuni hobby, seperti menulis, memasak, berkebun, beternak, olahraga, memancing dan lain sebagainya.  Arti Hoby adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang, kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby". Turunan kata dari hobi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu pehobi. Pehobi merupakan orang yang memiliki hobi atau kegemaran.

     Melakukan dan menekuni hobby karena cinta dan suka akan menimbulkan kebahagiaan, dengan kata lain untuk mencari bahagia itu tidaklah sulit misalkan dengan hobby memasak kita dapat membuat resep masakan baru kekinian yang lagi booming, mungkin dengan hobby menulis kita dapat menuangkan kembali buku diary kita menjadi sebuah karya cerpen bahkan novel, atau hobby ketrampilan tangan mendaur ulang plastik dan kaleng  bekas makanan minuman menjadi kerajian tangan yang unik dan cantik, dapat juga dengan hobby berkebun memanfaatkan halaman depan rumah kita menanam sayur dan buah organik dengan sistem tanam hidroponik dan aeroponik, ada juga hobby kuliner ikan maka hobby beternak menjadi solusi menarik, beternak berbagai macam ikan tawar seperti lele, gurami, nila, belut dan bawal dengan memanfaatkan drum atau tong plastik di teras rumah. Sungguh sangat membahagiakan jika hasil dari hobby kita selain dapat di konsumsi sendiri, syukur-syukur hasil hobby ini dapat juga menghasilkan rupiah untuk menambah kebutuhan harian kita. Menurut Wikipedia Kebahagiaan  atau  kegembiraan itu  adalah suatu keadaan  pikiran  atau  perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.  Dengan demikian dapat disimpulkan pengertian kebahagiaan adalah perasaan positif yang berasal dari kualitas keseluruhan hidup manusia yang ditandai dengan adanya kesenangan yang dirasakan oleh seorang individu ketika melakukan sesuatu hal yang disenangi di dalam hidupnya dengan tidak adanya perasaan menderita. Oleh sebab itu karena bahagia itu sederhana, dan selama kamu bisa menyukai segala sesuatunya yang tengah kamu lakukan atau kerjakan, pada akhirnya kebahagiaan itu pasti akan datang dalam hidupmu. Semoga kita semua menjadi individu yang mudah menemukan dan menciptakan kebahagiaan baik untuk diri kita sendiri juga orang-orang di sekitar kita, sehingga sangat mungkin kesehatan akan berpihak pada kita. Salam Sehat…

 

 

Sumber terkait:


https://duta.co/pola-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-dalam-keluarga

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebahagiaan

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_imun

https://id.wikipedia.org/wiki/Hobi

https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan

https://id.images.search.yahoo.com/

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
4443
2681
21962
22134
85450
136995
9202839

Perkiraan Hari Ini
2880


IP Anda:18.210.12.229
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id