MENINGKATKAN KEGEMARAN MAKAN IKAN

 

   Ditengah pandemi Virus Covid-19 saat ini, sebaiknya kita harus menjaga imun dengan baik, salah satu caranya adalah mengkonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi. Dimasa pandemi tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi yang bisa meningkatkan imun skaligus mencegah penyebaran Covid-19.

  Salah satu untuk memenuhi kebutuhan Gizi, ikan merupakan makanan yang sangat kita butuhkan karena ikan mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani yang lainnya. Ikan merupakan salah satu bahan makanan dengan kelezatan dan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Seluruh bagian dari ikan mulai dari kulit, daging, hingga minyak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

  Dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung. Ikan menjadi salah satu solusi bagi permasalahan gizi, karena ikan kaya akan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak Omega 3, 6 ,9 yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

  Dengan meningkatnya masyarakat untuk makan ikan maka secara otomatis juga meningkatkan terwujudnya ketahanan dan kedaulatan nasional menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkwalitas, sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional. Dengan adanya kepentingan kesehatan dan meningkatkan ketahanan pangan dan gizi nasional, kita harus bisa mengajak diri sendiri, keluarga, dan orang lain untuk gemar makan ikan. Keuntungannya kita sehat, dan membantu meningkatkan hasil pendapatan para nelayan, serta meningkatkan kecerdasan anak bangsa, sehingga kita akan kuat menghadapi hal yang sifatnya akan menurunkan kesehatan dan yang akan menurunkan ketahanan pangan.

  Untuk meningkatkan kegemaran makan ikan, pemerintah telah mengadakan kampanye gerakan masyarakat makan ikan, kampanye ini untuk semua kalangan terutama yang memerlukan pertumbuhan dan kecerdasan. Ikan merupkan sumber pangan yang sangat melimpah di Indonesia, karena negara kita sebagian besar adalah lautan. Marilah kita selalu meningkatkan kesehatan dan ketahanan pangan nasional, karena kita sangat membutuhkan generasi yang sehat dan cerdas, untuk mendukung kemajuan Indonesia.

  Ayo wujudkan gemar makan ikan agar kita sehat, imun kita meningkat dan ketahanan pangan kuat.

 Oleh: Sri Hayati, S.Sos

Sumber referensi : Kementrian Kelautan Dan Perikanan RI. (https://kkp.go.id/)

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah

Email : ppid@perpus.jatengprov.go.id

Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
4448
2681
21967
22134
85455
136995
9202844

Perkiraan Hari Ini
2880


IP Anda:18.210.12.229
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusjatengprov@perpus.jatengprov.go.id