WEDANG KACANG KAPURAN, SAJIAN HANGAT HARGA MERAKYAT

SHARE

Satu lagi wedang hangat khas kota Semarang yang patut Pointers cicipi adalah Wedang Kacang Kapuran Semarang. Sama seperti jenis wedang lainnya di tanah jawa, Wedang Kacang Kapuran merupakan jenis sajian berkuah panas yang mampu menghangatkan badan. Bedanya terdapat pada isiannya karena dalam satu mangkuk wedang kacang akan dipenuhi oleh kacang tanah yang melimpah dengan kuah santan encer yang pastinya membuat tubuh anda berkeringat.

Warung Tenda yang menjual Wedang Kacang Tanah Kapuran ini beralamat di Jl. Ki Mangunsarkora No. 45, Gabahan, Semarang Tengah atau tepatnya di Gang Kapuran. Tak salah jika Wedang Kacang Tanah ini disematkan kata Kapuran dibelakangnya yang merupakan lokasi jualannya. Menjadi salah satu referensi tempat nongkrong bagi anda yang mencari kuliner malam, warung ini mulai buka pada pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Pertama kali usaha Wedang Kacang Tanah Kapuran ini dirintis oleh Pak Yusman pada tahun 1977 dan kini tongkat estafet usahanya diberikan kepada putri dan adik iparnya. Meskipun pak Yusman tak lagi memegang langsung usahanya, namun keturunannya selalu menjaga kualitas rasa Wedang Kacang sesuai dengan resep Pak Yusman. Maka tak heran jika pelanggannya selalu kembali hingga mengajak anak-anaknya untuk menikmati Wedang Kacang Tanah Kapuran.

Wedang Kacang Tanah ini disajikan dalam mangkuk kecil beralaskan lepek layaknya mangkok soto Semarang. Isiannya berupa kacang tanah yang melimpah dengan kuah santan encer yang terkadang luber hingga ke bibir mangkuk. Wedang kacang tanah ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur kacangnya yang lembut. Kuahnya yang selalu panas menghadirkan cita rasa pedas rempah yang menghangatkan badan. Tak hanya menjual wedang kacang tanah saja, terdapat pula wedang kacang hijau yang bisa dipesan mix bersama kacang tanah.

Meskipun menu utama yang ditawarkan warung ini adalah Wedang Kacang tanah, beberapa minuman lain seperti wedang ketan duren bisa menjadi referensi bagi anda yang tidak menyukai wedang kacang tanah. Beberapa camilan yang menjadi menu pendamping menikmati wedang kacang tanah antara lain kroket, siomay rebus, siomay goreng, risoles, sate, baceman, tahu goreng, pisang goreng, lumpia dan banyak lagi. Semua menu yang dijual di warung ini dibuat sendiri oleh sang pemilik untuk menjaga kualitas rasa, bahkan sang pemilik sengaja tak membuka cabang agar rasanya tetap sama seperti pertama kali warung ini dibuka.

Meskipun berada di pinggir jalan dan tampak seperti warung tenda sederhana, namun pengunjung yang datang ke Wedang Kacang Tanah Kapuran tak pernah sepi. Wajar saja demikian, ternyata selain rasanya yang lezat, harga semua menu di warung ini tergolong murah meriah. Harga satu mangkuk wedangan dibanderol Rp 8.500 saja sedangkan harga jajanan lainnya dipatok dengan harga mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 10 ribu saja.

Dalam sehari saja Wedang Kacang Tanah Kapuran Semarang bisa menghabiskan delapan kilogram kacang tanah dan delapan kilogram kacang hijau. Itu setara dengan 150-200 porsi wedangan yang ludes dibeli pelanggan dalam waktu 7 jam beroperasi. Pointers masih bingung mencari kuliner malam yang tak menguras kantong di kota Semarang, yuk langsung ke Wedang Kacang Kapuran!

https://pingpoint.co.id/berita/wedang-kacang-kapuran-sajian-hangat-harga-merakyat/