KEINDAHAN WISATA ALAM DI TAMAN HUTAN RAKYAT KARANGANYAR

SHARE

Keindahan Wisata Alam di Taman Hutan Rakyat Karanganyar. Hutan merupakan paru-paru dunia yang sangat menyejukan. Tanpa hutan manusia tidak bisa hidup karena kedua memiliki hubungan tibal balik yang erat. Itulah mengapa hutan memiliki peranan penting dalam hidup manusia.

Di Karanganyar terdapat salah satu hutan yang disulap menjadi taman dan ini masih sangat asri sekali. Ini bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau menghilangkan rasa penat setelah berhari-hari disibukan dengan persoalan kerja.

Taman tersebut diberi nama Taman Hutan Rakyat atau disingkat Tahura. Banyak pengunjung dari berbagai kota singgah di sini karena ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang primadona juga.

Alamat Tahura

Taman ini berada di Dusuk Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, kota Solo, Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 36 kilometer dari kota Solo. Namun sebelum berkunjung ke taman ini sangat disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu karena medannya yang cukup terjal dan menanjak.

Harga Tiket

Anda akan diminta untuk membeli tiket terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan taman hutan ini. Anda tidak perlu merogoh cokek yang dalam karena harga tiket masuknya hanya Rp 4.000 saja dan tarif retribusi Rp 1.000. Jadi total harga tiket yaitu Rp 5000. Dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati sejuk nya alam yang indah nan asri serta bisa berswafoto sesuka Anda.

Untuk parkir di Taman Hutan Rakyat juga dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp.10.000 untuk truk dan bus.

Jam Operasional

Tahura buka setiap hari dari Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 sampai 18.00. Jadi Anda dapat berkunjung kapan pun saat Anda memiliki waktu senggang.

Fasilitas Tahura

Taman Hutan Rakyat memiliki fasilitas yang lumayan banyak di antaranya tempat parkir yang luas, masjid dan beberapa toilet yang disediakan untuk pengunjung. Selain itu, di sini juga ada bumi perkemahan untuk Anda yang ingin mengadakan acara camping bersama kerabat. Dengan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi dan rindang membuat suasana semakin sejuk dan berkemah semakin nyaman.

Untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak, di sini juga disediakan area bermain yang ramah untuk anak Anda. Jadi tidak perlu khawatir jika anak Anda bosan ketika berkunjung ke sini. Setelah bermain bersama anak, Anda bisa bersantai di gazebo yang telah disediakan. Jika Anda dilanda lapar, tidak perlu resah karena ada beberapa warung yang menyediakan aneka makanan.

Taman Hutan Rakyat tidak hanya menyediakan tempat untuk camping, tetapi juga ada penyewaan villa. Anda bisa menikmati indahnya malam hari bersama teman-teman atau sanak keluarga di sana. Harga sewa villa per harinya sebesar Rp 600.000 dengan 4 kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Akhir pekan Anda akan dipenuhi dengan keseruan bersama orang-orang terdekat.

Pesona Alam Tahura

Taman hutan ini sendiri memiliki fungsi sebagai tempat rekreasi wisata alam dan tempat penelitian. Karena tempat ini memang benar-benar masih alami dan banyak koleksi flora dan fauna.

Situs Cemoro Bulus merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ada di kawasan Taman Hutan Rakyat. Ini merupakan patung kura-kura yang menandakan Bhur Loka atau alam bawah sadar yaitu dasar Gunung lawa menurut mitologi Hindu. Ini seperti Candi Sukuh yang masih ada kaitannya dengan peninggalan purbakala.

Selain itu, di sini juga ada sumber mata air peninggalan dahalu kala yang disebut Sendang Radja. Kemudian air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi tumbuhan hijau disebut air terjun parang ijo.

Pada dasarnya Taman Hutan Rakyat adalah hutan asli jadi banyak sekali ragam fauna dan flora di sana. Anda akan menemukan tanaman seperti kaliandra, puspa, pasang, palem, pinus, akasia, dan masih banyak lagi. Ada juga beragam jenis anggrek dan tumbuhan kantong semar. Di sini Anda juga akan bertemu dengan beragam fauna seperti musang, landak, tupai, rusa, dan berbagai jenis burung.

 

https://bob.kemenparekraf.go.id/30273-keindahan-wisata-alam-di-taman-hutan-rakyat-karanganyar/