DE TJOLOMADOE, DESTINASI KEKINIAN & LANDMARK BUDAYA DI KARANGANYAR

SHARE

Sekilas Sejarah De Tjolomadoe

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, De Tjolomadoe adalah wisata bekas pabrik gula yang dulunya bernama Colomandu. Pabrik gula Colomandu ini didirikan pada tahun 1861 oleh Mangkunegara IV. Beberapa tahun setelahnya, pabrik gula ini mengalami perombakan arsitektur yang sampai saat ini belum banyak diubah.

Setelah perombakan dilakukan, pabrik gula Colomandu harus ditutup karena menghadapi masalah krisis moneter yang saat itu terjadi di Indonesia. Puluhan tenaga kerja diharuskan untuk pulang dari perantauannya dan meninggalkan pabrik yang sudah megah ini. Beberapa tahun berikutnya, pabrik ini terbengkalai begitu saja.

Sampai pada 20 tahun berlalu, sejumlah Badan Usaha Milik Negara mulai merevitalisasi dan menjadikan pabrik gula yang terbengkalai ini sebagai destinasi wisata yang keren. Alhasil, pabrik gula Colomandu menjadi objek wisata baru yang sangat populer. Namanya pun berganti menjadi De Tjolomadoe.

Meski dibiarkan terbengkalai selama beberapa tahun, tak ada sedikit pun kesan seram di bekas pabrik gula ini. Hanya ada kemegahan yang tata letaknya mampu menghipnotis siapa pun pengunjungnya. Berbagai titik dibuat begitu unik sehingga dapat dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan tiada duanya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi De Tjolomadoe

Wisata museum ini terletak di Jl. Adi Sucipto, Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 5,2 km dari arah Bandara Adi Soemarmo. Waktu tempuh kurang lebih 12 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Rute paling cepat menuju lokasi adalah melewati area bandara dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara bagi Anda yang datang dari pusat Kota Solo, bisa menempuh perjalanan ke lokasi dengan jarak 11,4 km. Waktu yang harus Anda tempuh jika datang dari arah ini adalah sekitar 24 menit tergantung dari kondisi lalu lintas. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menaiki kendaraan umum seperti bis.

Adapun jalur bis yang bisa Anda pilih mulai dari Pasar raya Gentan, Miss Little Pudding, Stikes Kusuma Husada, hingga Gereja St.Aloysius, Surakarta. Masing masing rute bis tersebut memakan waktu sekitar 40 – 50 menit untuk sampai lokasi. Namun, hal tersebut tergantung dengan kondisi lalu lintas per hari.

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe Karanganyar

Rp 25 ribu/ orang

Jam Operasional Wisata De Tjolomadoe

Objek wisata ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di De Tjolomadoe Karanganyar

Adapun fasilitas yang bisa Anda gunakan mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, cafe atau restoran, toilet, live music, toko souvenir, gazebo, dan masih banyak lagi. Tak hanya fasilitas dasar, sejumlah wahana permainan seru berupa kereta tempo dulu juga menjadi sarana dan prasarana yang bisa gunakan di tempat tersebut.

https://www.javatravel.net/de-tjolomadoe-karanganyar