BERBAGAI MACAM OLAHAN SALAK KHAS BANJARNEGARA

SHARE

Banjarnegara juga terkenal dengan buah salak yang melimpah, namun ada saatnya buah salak yang dijual kepengepul laku dengan harga yang rendah. Dengan adanya itu membuat masyaraknya memutar otak agar olahan salak bisa menghasilkan uang. Akhirnya berbagai macam olahan salak pun dibuat, seperti:

1) Jenang Salak

Salak yang sering digunakan adalah jenis salak pondoh karena rasanya yang manis sehingga ketika dicampurkan dengan bahan bahan untuk membuat jenang seperti gula merah, santan kelapa menjadi rasa yang padu dan tentu saja enak untuk dinikmati.

2) Keripik Salak

Jika kalian tidak terlalu suka keripik yang asin dan lebih suka yang manis-manis, pas banget nih dengan olahan yang satu ini. Buah yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam ini bisa banget loh dijadikan keripik yang rasanya tidak kalah enak dari keripik pada umumnya. Memiliki rasa renyah bercampur rasa manis, asam dan sepet membuat olahan ini memiliki daya tarik untuk dicoba.

3) Manisan Salak

Jika kalian ingin menimati olahan salak yang segar namun tidak menghilangkan rasa salak, bisa banget nih mencoba olahan yang satu ini. Cara membuatnya hampir sama dengan manisan carica namun manisan salak memiliki rasa yang cukup berbeda dengan manisan carica.

4) Sirup Salak

Setelah menikmati olahan salak yang enak untuk dikunyah, olahan yang satu ini benar-benar berbeda dari lainnya. Olahan yang satu ini juga terbilang jarang ditemui karena hanya ada di daerah Banjarnegara tepatnya di toko oleh-oleh.

 

https://tentangbanjarnegara.com/makanan-khas-banjarnegara-yang-wajib-dicoba-oleh-milenial/