PerpusProv selalu di hati pemustaka menemani sampai usia senja

Perpustakaan Provinsi Dinarpus Jateng selalu ramai dikunjungi pemustakanya. Menyambut hari Literasi Internasional, kami tampilkan salah satu figur pemustaka. Salah satu figur pemustaka setia adalah seorang pensiunan dokter spesialis THT. Beliau adalah Bapak Haris Piliang, putra daerah Sumatera Barat/ Minangkabau yang telah berdomisili lama di Kota Lumpia Kota Semarang. Dimulai dari era tahun 80-an Haris muda banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburannya. Seiring perjalanan waktu setelah sibuk menjadi dokter dan bertugas di Rumah Sakit dr.Kariadi kehadiran beliau di perpustakaan semakin jarang, tetapi Perpustakaan Provinsi selalu di hatinya sehingga dr. Haris, Sp.THT tetap berusaha meluangkan waktu mengunjungi perpustakaan walau hanya sebentar.

pemustaka1

Sejak tahun 2018 dr.Haris, Sp.THT memasuki usia purna/pensiun. Kesempatan waktu ini dimanfaatkan kembali untuk terus mengunjungi Perpustakaan Provinsi dan meneruskan hobi membacanya. Hampir setiap hari beliau membaca buku dari pagi sampai tutupnya perpustakaan. Apalagi buku-buku favoritnya yang bertema Sejarah, Politik dan Buku-Buku terbitan lama banyak terdapat di Ruang Koleksi Buku Kuno Perpustakaan Provinsi. Buku-buku lama dengan pengantar Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mudah dibacanya sedangkan buku yang menggunakan Bahasa Belanda, beliau masih terbata - bata.

Membaca buku menjadi hobinya karena dengan membaca seperti melihat dunia, walau di dalam ruangan tetapi pikirannya bisa menembus dinding dinding tanpa batas. Selain membaca Bapak Haris juga mendokumentasikan buku-buku kuno itu untuk melestarikannya, selain untuk arsip beliau juga akan diserahkan ke Perpustakaan Provinsi agar bisa diupload di website agar bisa dibaca sampai anak-cucu nanti.

pemustaka3

Kesan untuk Perpustakaan Provinsi : Buku-buku yang menarik, petugas yang bersahabat dan ramah serta tempat yang cukup nyaman, dengan kantin yang enak dengan harga bersahabat. jadi ke perpustakaan sampai sore tidak takut kelaparan, ketika istirahat siang bisa turun untuk makan.

Pesan : Perbanyak koleksi bukunya, dan tata layout ruangan kalau bisa di buat lebih besar dan indah.

Ajakan : mari teman-teman kita membaca, pupuklah membaca dari usia muda sampai tua mencerdaskan anda. dan meningkatkan kompetensi dan literasi untuk peningkatan taraf hidup dalam berbagai bidang dan memenuhi kebutuhan kognisi pula. Ayo membaca..

 

Sekretariat

Kantor: Jl. Sriwijaya No. 29A
Semarang, Jawa Tengah
Telepon: 024-8317963
Fax: 024-8440479

Kunjungan Web

Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
4180
7175
57060
44949
132951
153027
7204565

Perkiraan Hari Ini
5664


IP Anda:3.227.233.78
© 2017, Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
perpusdajateng@yahoo.com